Polsek Lunyuk Berikan Pengawalan Dan Pengamanan Upacara Adat Umat Hindu Desa Sukamaju Lunyuk

    Polsek Lunyuk Berikan Pengawalan Dan Pengamanan Upacara Adat Umat Hindu Desa Sukamaju Lunyuk

    Sumbawa NTB - Personel Polsek Lunyuk Polres Sumbawa dikerahkan dalam pengamanan rangkaian upacara adat umat hindu Desa Sukamaju Kecamatan Lunyuk, Senin (14/10/24).

    Kapolres Sumbawa AKBP Bagus Nyoman Gede Junaedi SH, S, IK., M.AP., saat dikonfirmasi melalui Kapolsek Lunyuk IPTU Didik Setiyanto mengatakan bahwa kegiatan pada hari itu yakni Umat Hindu Desa Sukamaju melaksanakan Upacara Melasti yang dimulai dari Pura Puseh Desa Adat Sukamaju Kecamatan Lunyuk berangkat menuju Pantai Petani Dusun Emang Desa Emang Lestari menggunakan kendaraan R6, R4 dan R2 yang di kawal oleh anggota Polsek Lunyuk dengan menggunakan Mobil Patroli Polsek Lunyuk.

    Lebih lanjut Kapolsek bahwa dalam pengamanan rangakaian kegiatan adat tersebut pihaknya bekerja sama dengan personel TNI dari Koramil Lunyuk serta di bantu oleh Pecalang setempat untuk mengamankan jalur yang di lewati serta pengamanan di area pantai tempat persembahyangan melasti.

    “Dalam pengamanan ini kita bersinergi bersama rekan-rekan TNI dan juga dibantu Pecalang atau pengamanan adat, ” ungkap Kapolsek.

    Pengamanan ini juga dilakukan Personel Koramil dan Polsek dalam rangka mengantisipasi kemungkinan terjadinya gangguan Kamtibmas terhadap umat hindu yang sedang melaksanakan rangkaian upacara adat.

    “Pengamanan dan pengawalan ini dilakukan untuk memberikan rasa aman dan nyaman. Ini merupakan salah satu bentuk pelayanan kepolisian, ” jelasnya.

    Kapolsek menambahkan bahwa kegiatan upacara melasti yang dilaksanakan merupakan rangkaian kegiatan Karya Agung Memungkah Ngenteg Linggih Tawur Balik Sumpah Menawa Ratna Pura Pusah Umat Hindu Darma Desa Adat Sukamaju Kec. Lunyuk Kab. Sumbawa. (Adb) 

    ntb
    Syafruddin Adi

    Syafruddin Adi

    Artikel Sebelumnya

    Polres Sumbawa Laksanakan Apel Gelar Pasukan...

    Artikel Berikutnya

    Polsek Empang Amankan Kampanye Pertemuan...

    Berita terkait

    Rekomendasi

    Irjen TNI Buka Perlombaan Cyber Strike dan Cyber Awareness Forum
    Raih ISO 9001:2015, SSDM Polri Terus Tingkatkan Kualitas Rekrutmen Anggota
    DPR Setujui Herindra Jadi Kepala BIN, Perkuat Sinergi Intelijen dan Pertahanan
    Ungkap 149.400 Ekor BBL, Polda Lampung Selamatkan Kerugian Negara Rp37,3 M
    Ungkap Peredaran Sabu di Kecamatan Praya Barat, Polres Loteng Amankan Empat Orang Terduga Pelaku

    Ikuti Kami